Relay set (3relay 2lampu)


Posting perdana ni bro. Berawal dari relay set si toki yang tiba-tiba aja mati, critanya mobil ini jarang dipake, sekalinya di pake jalan-jalan ampe malem eh lampu utama ngak mau nyala. Berhubung udah gelap ya terpaksa menepi dulu trus di cek dari sekring & relay bawaan sampe relay setnya, sekring gk putus, relay nyetek (harusnya relay nyetek lampu nyala tapi ini kok gak nyala) biar yakin tuker ama relay lampu kota yang yakin relaynya normal, tetep gak nyala. Yakin relay & sekring bawaan normal langsung aja cek relay set, ternyata relay set gk main, cek sekring relay set bagus, tuker relay tetep gak nyala, berarti yg gak fungsi relay set!!!... trus cabut soket lampu dari relay set di ganti peke soket ori, eh lampunya nyala. Ahirnya pulang dengan modal nekat ngandelin soket ori karna lampu yg di pake 100/130watt jd agak takut kalo kabelnya kebakar.
Besoknya dengan modal manteb, dan alat seadanya di bukalah selongsong relay set punya si toki setelah di cek visual kabel diurut sana sini kok gak kliatan kabel putus/kebakar, pas di pratiin lebih deket ternyata isi kabelnya (tembaga) jadi bubuk putih. Ketemu deh penyakit relay set mati. Bingung juga mau di ganti apa di benerin??? Kalo diganti harganya sekitar 150ribu malah bisa lebih, kalo di benerin paling cuma 50ribu wong cuma ganti kabel yang kecil ma skunnya, TAPI dibongkar pasang solder sendiri. Berhubung butuh ilmu (+irit ☺☺☺☺) jadinya milih dibenerin aja sekalian liat wirringnya.
Belanja deh
Skun 4x3+1 ( 2 relay kakinya 4 yang 1 kakinya 5) total 13
Kabel 2meter
Tenol/timah solde udah stok dirumah.
Abis belanja langsung di bongkar trus di gambar wirringnya takut klo lupa, kalo di poto gak jelas warna kabelnya item semua.. udah gitu cabutin kabel sama skun yang rusak diganti yang baru trus pasang lagi.. dan jadi deh, di tes low-high-pass normal jaya.. dan ini wirringnya.. semoga bermanfaat

Komentar